Hari/Tanggal : Rabu, 25 September 2024
Fase/Kelas : A/2 A
Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : B. Indonesia dan SBDP
Capaian Pembelajaran :
B. Indo :
v Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.
v Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.
v Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
v Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.
SBDP :
vPeserta
didik mampu membentuk persepsi dan menggambarkan kualitas garis (misalnya
tebal, tipis atau rapat, renggang) dengan cara menghubungkannya dengan suara
atau gerakan tertentu. Mereka kemudian membuat gambar menggunakan berbagai
macam garis sebagai bentuk respon terhadap musik tertentu.
Tujuan Pembelajaran :
B. Indo :
· Melalui memeragakan percakapan, peserta didik dapat berbicara dengan volume yang tepat sesuai konteks dan tempat berbicara;
· Melalui membaca informasi, peserta didik dapat menyimpulkan nama tempat umum yang dimaksud;
· Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan ‘di’ sebagai kata depan dan kata kerja dengan tepat;
· Melalui menulis, peserta didik dapat membuat cerita dengan struktur awal, tengah, dan akhir yang sederhana.
SBDP :
· Siswa
mampu berkreasi dan mampu memilih bentuk yang diperlukannya.
· Siswa
dapat mengidentifikasi nama-nama bentuk geometris dan bentuk organik.
· Siswa
dapat menggunakan lem dan gunting untuk membuat kolase.
* Media Pembelajaran : Diskusi dan Kerja kelompok
Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
* vidio pembelajaran
* Materi Ajar
Bahasa Indonesia
SBDP
Kolase adalah sebuah karya seni yang dibuat dengan menempelkan potongan-potongan gambar, foto, atau bahan-bahan lain pada permukaan yang rata, seperti kertas, kanvas, atau kayu. Bahan-bahan yang digunakan dapat berupa kertas, kain, kaca, logam, atau bahkan benda-benda tiga dimensi.
Kolase adalah seni menggabungkan berbagai macam bahan, terutama kertas, menjadi sebuah karya baru.
contoh sebagai berikut.
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
- Kertas: Berbagai jenis kertas bisa kamu gunakan, seperti kertas warna, kertas majalah, kertas koran, kertas kado, atau bahkan potongan-potongan kain.
- Lem: Bisa menggunakan lem putih, lem stik, atau lem cair. Pilih lem yang mudah digunakan dan tidak beracun, terutama jika kamu akan membuat kolase bersama anak-anak.
- Gunting: Untuk memotong kertas menjadi bentuk-bentuk yang diinginkan.
- Baskom: Untuk mencampur lem jika menggunakan lem cair.
- Kuas: Untuk mengoleskan lem.
- Kardus atau kertas karton: Sebagai alas atau dasar kolase.
Langkah-langkah:
- Siapkan ide: Sebelum mulai, pikirkan terlebih dahulu gambar atau objek apa yang ingin kamu buat dengan kolase. Kamu bisa mencari inspirasi dari gambar, foto, atau benda-benda di sekitarmu.
- Potong-potong kertas: Potong kertas-kertas yang sudah kamu pilih menjadi berbagai bentuk dan ukuran sesuai dengan idemu.
- Oleskan lem: Oleskan lem tipis-tipis pada bagian belakang potongan kertas yang akan ditempel. Jika menggunakan lem cair, campurkan lem dengan sedikit air dalam baskom lalu oleskan dengan kuas.
- Tempelkan pada alas: Tempelkan potongan-potongan kertas pada alas kardus atau kertas karton sesuai dengan desain yang sudah kamu buat. Tekan perlahan agar kertas menempel dengan baik.
- Tunggu hingga kering: Biarkan kolase mengering dengan sempurna sebelum digantung atau dipajang.
* Evaluasi
bahasa indonesia
Ingatlah pengalaman kalian saat berada di tempat umum.
Adakah kejadian yang menurut kalian tidak menyenangkan?
Supaya tidak terjadi lagi, perlu ada tanda peringatan.
Ciptakan tanda peringatan kalian sendiri.
Gambarlah tanda itu bersama orang tua kalian.
Bawa gambar tersebut ke sekolah, lalu ceritakan di depan kelas.
SBDP
* Kesimpulan
- Dari materi B.Indonesia dan SBDP yang disampaikan pada hari ini alhamdulillah sebagian besar dari 21 anak sudah dapat memahami materi dan ada beberapa anak yang masih perlu bimbingan dengan cara menjelaskan kembali materi yang dipelajari dan tanya jawab
*Penutup
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar