Rabu, 25 September 2024

Kamis, 26 September 2024

 


Hari/Tanggal : Kamis, 26 September 2024
 
Fase/Kelas : A/2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 
 
Mata Pelajaran : MTK dan P5
 
Capaian Pembelajaran :

MTK :

v  Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, termasuk melakukan komposisi  (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan tersebut.

v  Peserta didik dapat mengenal berbagai bangun datar dan bangun ruang, serta dapat menyusun dan mengurai bangun datar. Mereka dapat menentukan posisi benda terhadap benda lain.

v  Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.

 

P5 :
- Melalui makanan tradisional anak-anak diperkenalkan dengan budaya asli dari daerah mereka tinggal

ATP:
menjumlahkan untuk menemukan (konteks penggabungan) dengan "jadi berapa jika digabungkan". merupakan bentuk penjumlahan. berhitung dengan penjumlahan di bawah 10. menghitung penjumlahan dengan benar hingan berjumlah 10. Memahami makna penjumlahan 0. Memahami konteks di mana penjumlahan digunakan melalui pembuatan cerita penjumlahan.
 
 
Tujuan Pembelajaran :
MTK :

v  Memperdalam pemahaman siswa tentang penjumlahan dan cara menggunakannya.

·     Menjumlahkan bilangan 2 angka dengan berdasarkan pengalaman menjumlahkan dua bilangan yang terdiri atas satu angka.

·     Menjumlahkan 2 bilangan 3 angka dengan menggunakan penjumlahan bersusun.

·     Menemukan sifat-sifat penjumlahan, menerapkannya

·     pada proses penghitungan, dan memeriksa jawabannya.

·     Mengaplikasikan sifat komutatif dan asosiatif penjumlahan. Boleh menggunakan tanda ( ) jika diperlukan.


P5 :
- Pada tema “kearifan lokal” dengan mengacu pada dimensi Profil Pelajar Pancasila. Projek “Makananku, Budayaku” ini disusun dengan tujuan menguatkan profil pelajar pancasila melalui pemahaman nilai kearifan lokal pada makanan tradisional.

 * Media Pembelajaran : TV dan Benda Konkrit

*Apersepsi


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

* Video Pembelajaran



* Materi Ajar
MTK
P5

Apa itu Makanan Tradisional?

Makanan tradisional adalah makanan yang sudah ada sejak dulu, dibuat dengan bahan-bahan alami dan resep turun-temurun. Setiap daerah di Indonesia punya makanan tradisional yang unik dan berbeda-beda.

Kenapa Kita Perlu Mengenal Makanan Tradisional?

  • Mengenal Budaya: Makanan tradisional adalah bagian dari budaya kita. Dengan mengenal makanan tradisional, kita juga belajar tentang budaya daerah masing-masing.
  • Menjaga Kesehatan: Banyak makanan tradisional yang kaya akan gizi dan lebih sehat dibandingkan makanan cepat saji.
  • Melestarikan Warisan: Dengan menyukai dan mengonsumsi makanan tradisional, kita turut melestarikan warisan kuliner Indonesia.

Contoh Makanan Tradisional Indonesia

Indonesia kaya akan beragam makanan tradisional. Yuk, kita kenali beberapa di antaranya:

  • Nasi Tumpeng:
    • Nasi tumpeng adalah nasi kuning berbentuk kerucut yang biasanya disajikan pada acara-acara penting. Nasi tumpeng memiliki banyak lauk pauk yang disusun sedemikian rupa, melambangkan kehidupan yang sempurna.
  • Sate
    • Sate adalah makanan yang terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil, ditusuk pada tusuk sate, lalu dibakar. Satay biasanya disajikan dengan bumbu kacang.

  • Pempek:
    • Pempek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan tenggiri dan tepung kanji. Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuko yang asam manis.

  • Rendang:
    • Rendang adalah makanan khas Padang yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah-rempah. Rendang memiliki rasa yang kaya dan pedas.

* Evaluasi
MTK
P5
  1. Sebutkan 2 contoh makanan tradisional yang berasal dari daerahmu?
  2. Makanan tradisional apa yang paling kamu sukai dan mengapa?


 Kesimpulan

Dari materi MTK dan P5 yang disampaikan pada hari ini alhamdulillah sebagian besar dari 21 anak sudah dapat memahami materi dan ada beberapa anak yang masih perlu bimbingan dengan cara menjelaskan kembali materi yang dipelajari dan tanya jawab

* Penutup


Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh







Tidak ada komentar:

Posting Komentar