Minggu, 17 September 2023

Materi Ajar Tema 2 Sub 3 PB 4 Kelas II A



Tanggal dan Waktu : Senin, 18 September 2023

Kelas : 2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung

Tema ( 2 ) : Bermain Di Lingkunganku

Subtema ( 3 ) : Bermain Di Lingkungan Sekolah

Pembelajaran : 4

KD : PJOK (4.2), B. Indonesia (3.2), Matematika (3.2)

Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik mampu menjelaskan prosedur variasi
gerakan menarik tanpa berpindah tempat dengan benar

2. Peserta didik mampu mengelompokkan benda berdasarkan wujudnya di lingkungan dengan benar

3. Peserta didik mengelompokkan berbagai hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.


Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi ananda sholeh sholehah 🤗
Apa kabarmu hari ini ?

Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk menuntut ilmu.

Alhamdulillah dipertemuan yang sebelumnya kita sudah mempelajari materi tentang Menyelesaikan masalah perkalian dan Pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta pertarungan perkalian
dan Pembagian

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4.

Sebelum kita mulai pelajarannya biar anak-anak shaleh dan sholehah semuanya menunaikan sholat dhuha lalu muroja'ah surat pendek juz 30 ok nak...

Yuk simak materi pembelajaran berikut 👇👇👇

Video Pembelajaran


Materi Ajar

Beni sangat senang bekerja sama.
Begitu juga dalam melakukan permainan.
Contoh Pertanyaan :
Beni dan teman-teman sedang bermain apa?

Sekarang simaklah cerita yang disampaikan gurumu!
Kemudian, catatlah isi cerita yang kamu dengar!
1. Judul : Bermain Bola Kertas
2. Isi cerita : Bola Kertas

Di lapangan sekolah, Beni sedang asyik bermain bola kertas. Bola kertas dibuat dengan cara meremukkan kertas bekas. Kertas yang telah dibulatkan akan diikat dengan gelang karet.

Permainan bola kertas terdiri atas dua tim. Tim yang memegang bola adalah tim yang kalah. Tim yang menang melempar tumpukan batu kecil dengan batu yang lebih besar. Tim kalah harus melindungi batu yang akan disusun oleh tim lain.

Beni sedang memegang bola kertas. Ia harus melemparkan bola kertas ke arah lawannya. Beni melemparkan bola kertas ke arah beberapa lawan yang sedang menyusun batu yang berserakan. Salah satu dari tim lawan, Edo berusaha menyepak bola kertas yang dilemparkan Beni. Jika bola berhasil disepak, tidak termasuk sebagai keberhasilan bagi tim yang melempar.

Marilah mencoba ...
Benda pada Bola Kertas
Alat dan bahan: karet gelang, kertas, dan batu.
Petunjuk:
1. Sediakan alat dan bahan!
2. Amatilah bahan satu per satu!
3. Isilah titik-titik di bawah!

Hasil pengamatan:
1. Nama benda : Karet Gelang
Ciri-ciri benda : Benda lunak, mudah bentuk, lentur, elastis, kenyah, mtidak tembus udara, tidak berkarat dan dapat direnggangkan.

2. Nama benda : Kertas
Ciri-ciri benda : Kertas memiliki tekstur halus, bahan tipis, mudah robek dan harganya murah.

3. Nama benda : Batu
Ciri-ciri benda : Termasuk benda padat, keras. Biasanya berwarna hitam atau abu-abu. Sering dijumpai di sungai, pegunungan dll. Ukuran batu bermacam-macam, dapat berlubang dan berlumut.

Berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan bahwa
Kelompokkanlah benda yang kamu amati berdasarkan wujudnya! Tulislah benda lain yang termasuk benda padat, cair, dan gas.

Wujud Benda
No. Padat Cair Gas
1. Batu Air Asap
2. Besi Bensin Oksigen
3. Kayu Minyak Uap
4. Kain Sirup Angin
5. Kaca Susu sapi Nitrogen

Pembagiannya adalah salah satu dari empat operasi dasar aritmetika, cara bilangan digabungkan untuk membuat bilangan baru. Operasi lainnya adalah penambahan, pengurangan, dan perkalian.

Pada tingkat dasar pembagian dua bilangan asli, antara kemungkinan interpretasi lain, proses penghitungan berapa kali satu bilangan dimasukkan ke dalam bilangan lain.
Sekarang Beni bermain melempar batu. Ia bersama teman-temannya membentuk beberapa kelompok. Jumlah kelompoknya bermacam-macam. Berikut banyak batu yang dibutuhkan untuk setiap kelompok.


Evaluasi
Bantulah Beni menghitung batu yang dibutuhkan untuk setiap kelompok! Kerjakan dengan cermat! Kemudian, ubah menjadi bentuk perkalian!

1. 8 : 2 = … karena .. x .. = ..
2. 10 : 2 = … karena .. x .. = ..
3. 12 : 3 = … karena .. x .. = ..
4. 14 : 7 = … karena .. x .. = ..
5. 15 : 5 = .. karena .. x .. = ..

Isilah titik-titik berikut dengan bilangan yang tepat! :




Kesimpulan
Pembagiannya adalah salah satu dari empat operasi dasar aritmetika, cara bilangan digabungkan untuk membuat bilangan baru. Operasi lainnya adalah penambahan, pengurangan, dan perkalian.

Pada tingkat dasar pembagian dua bilangan asli, antara kemungkinan interpretasi lain, proses penghitungan berapa kali satu bilangan dimasukkan ke dalam bilangan lain.

Penutup
Besok kita akan masuk materi tema 2 subtema 3 pembelajaran 5 tentang permainan estafet bola dan ciri-ciri benda.

Tetap semangat ananda sholeh sholehah pak Hendri 🤗
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun sunnah serta muroja'ahnya
Dan selalu menjaga kesehatan


Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar