Rabu, 13 September 2023

Materi Ajar Tema 2 Sub 3 PB 1 Kelas II A

 


tanggal dan waktu: rabu, 13 September 2023 

kelas: 2 A

sekolah: SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema ( 2 ) : Bermain Di Lingkunganku

Subtema ( 3 ) : Bermain Di Rumah Solah 

pelajaran: 1

KD : Matematika (4.4), B. Indonesia (3.2), SBDP (4.1)

Tujuan Pembelajaran: 

1. Peserta didik mampu memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.    

2. Peserta didik dapat dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan
benar.

3Peserta mampu siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan dalam menggambar imajinatif dengan benar.



Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Apersepsi

Alhamdulillah dipertemuan yang sebelumnya kita sudah mempelajari materi tentang kosakata adalah seperangkat kata yang familiar dalam bahasa seseorang. Kosakata, biasanya dikembangkan seiring bertambahnya usia, berfungsi sebagai alat yang berguna dan fundamental untuk komunikasi dan memperoleh pengetahuan. Memperoleh kosakata ekstensif adalah salah satu tantangan terbesar dalam mempelajari bahasa kedua.. 


Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1.   
 
video pembelajaran

Materi Ajar

Hari ini Beni pergi ke sekolah. Beni duduk di kelas dua SD. Beni bertemu banyak teman di kelas. Ada Edo, Udin, Lani, dan Dayu

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 2 SD Halaman 112, 113, 114, 115, 117, 118, 119,  120 Pengurangan Berulang - Tribunnews.com Mobile
..
Waktu istirahat tiba.
Beni bermain di halaman sekolah.

Kira-kira, cerita apa yang cocok untuk gambar di atas? Coba kamu buat lima pertanyaan tentang gambar di atas!
 Contoh pertanyaan :
1. Apa yang sedang mereka lakukan?
2. Dimanakah mereka sekarang?
3. Mengapa mereka gembira?
4. Ada berapakah anak cowok disana?
5. Ada berapakah anak-anak yang sedang bermain?
itulah contoh pertanyaan tentang gambar diatas. Sekarang kita akan mencoba  membaca teks cerita tentang Bermain di Halaman Sekolah

Ayo Membaca! Bacalah teks berikut dengan lancar!

Bermain di Halaman Sekolah

 Waktu istirahat tiba. Siswa kelas dua bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain kelereng, bermain tali, dan bekel.

Beni, Edo, dan Udin sedang bermain kelereng. Beni sedang fokus menjentikkan kelereng. Edo dan Udin menunggu giliran sambil mengamati kelereng di dalam lingkaran. Banyak kelereng di dalam lingkaran ada 6 butir.

Siti, Mey, dan teman lainnya bermain lompat tali. Mey mendapat giliran melompat. Siti memutar tali dari sebelah kanan. Teman lainnya memutar tali dari sebelah kiri. Sementara itu, Dayu bersama teman sekelas lainnya bermain estafet air.

Ayo Menulis! setelah kita membaca teks tentang bermain marilah kita menulis tenteng terkaan dan apakah sudah sesuai dengan   apa yang kamu baca??Marilah kita simak bersama -sama diini .. 

 Bagaimana hasil terkaanmu tadi?
Apakah sesuai dengan apa yang kamu baca?

Coba kamu buat lima pertanyaan tentang teks bacaan tersebut! berikut ini contoh pe3rtanyan, marilah kita simakk..
1. Kamu sedang bermain apa?
2. Bagaimana cara bermain permainan tersebut?
3. Kapan kita bermain permainan ini lagi?
4. Berapa orang yang ikut bermain?
5. Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks bacaan “Bermain di Halaman Sekolah”!

Setelah kita menyimak membuat contoh pertanyaan tentag teks  “Bermain di Halaman Sekolah” sekarang kita akan berlatih dan mencoba menjawab tentang teks “Bermain di Halaman Sekolah” berikut ini .

Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks bacaan “Bermain di Halaman Sekolah”!
1. Apa yang sedang dilakukan Beni, Edo, dan Udin?
2. Siapa yang memutar tali di sebelah kanan?
3. Apa yang sedang dilakukan Dayu?
4. Apa saja kegiatan bermain sesuai isi cerita?
5. Ceritakanlah isi teks tersebut dengan bahasamu sendiri!

Jawaban :

1. Beni, Edo dan Udin sedang bermain kelereng.
2. Yang memutar tali di sebelah kanan adalah Siti.
3. Dayu bersama teman sekelas sedang bermain estafet air.
4. Beni, Edo dan Udin sedang bermain kelereng. Siti, Mey dan teman lainnya sedang bermain lompat tali. Dayu bersama teman sekelas sedang bermain estafet air.
5. Contoh teks cerita menggunakan bahasa sendiri :

Pada saat istirahat tiba,anak kelas dua keluar dan bermain di halaman.Ada anak laki laki yang bermain kelereng. Ada anak perempuan yang bermain lompat tali dan estafet air. Pada intinya semuanya hidup rukun dan tidak membeda bedakan.

Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih. Pengembangan keterampilan percakapan dan etiket merupakan bagian penting dari sosialisasi. Pengembangan keterampilan percakapan dalam bahasa baru sering menjadi fokus pengajaran dan pembelajaran bahasa. dalam percakapan antara udin dan beni membahas tentang Pembagian .

#Pembagian adalah salah satu dari empat operasi dasar aritmetika, cara bilangan digabungkan untuk membuat bilangan baru. Operasi lainnya adalah penambahanpengurangan, dan perkalian.

Sejumlah kelereng akan dibagikan kepada beberapa anak. Gunakan cara pengurangan berulang!

1) 4 : 2 = (…. − …. − …. = …. ) = ….
2) 8 : 4 = (…. − …. − …. = …. ) = ….
3) 9 : 3 = (…. − …. − …. − …. = ….) = ….
4) 10 : 5 = (…. − …. − …. = ….) = ….
5) 12 : 4 = (…. − …. − …. − …. = …. ) =
Jawab:

Edo : Sebanyak 8 gelas air dibawa oleh 2 orang. Jika setiap orang membawa gelas sama banyak, berapa gelas air yang dibawa setiap orang?
Udin : 8 : 2 = 8 – 2 – 2 – 2 – 2 = 0 sama artinya 8 : 2 = 4
Udin : Ada 18 bola bekel yang akan dibagikan kepada 6 orang. Setiap orang mendapatkan sama banyak. Berapa banyak bola bekel yang didapat setiap orang?
Beni : 18 : 6 = 18 – 6 – 6 – 6 = 0 sama artinya 18 : 6 = 3
Beni : Dari 21 siswa kelas II akan dibentuk beberapa kelompok. Jumlah anggota kelompok sama banyak. Berapa banyak siswa di setiap kelompok jika terdapat 3 kelompok?
Dayu : 21 : 3 = 21 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 = 0 sama artinya 21 : 3 = 7
Dayu : Sebanyak 24 karet gelang akan dimasukkan ke dalam 4 kotak. Jika setiap kotak memuat karet gelang sama banyak, berapa banyak karet gelang dalam tiap kotak?
Budi : 24 : 4 = 24 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 = 0 sama artinya 24 : 4 = 6 

Perhatikan soal nomor 1!
Isilah titik-titik berikut dengan bilangan yang tepat! 
 Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 2 SD MI Halaman 145 146 Ayo Berlatih, Isilah  Titik-Titik dengan Bilangan yang Tepat - Ringtimes Banyuwangi
 

Setelah itu kita membahas tentang pembagian pada tabel di atas kita akan lanjutkan membuat gambar imajinatif . Dengarkan intruksi dari ibu guru ananda sholeh sholeha 
Berikut ini contoh gambar imajinatif  
13 Contoh Gambar Imajinatif Mudah dan Simple - BROONET13 Contoh Gambar Imajinatif Mudah dan Simple - BROONET
 Contoh Gambar Imajinatif Gedung Sekolah Untuk Anak SD Kelas ...



Evaluasi 

BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B ATAU C PADA JAWABAN YANG BENAR!


1. Kita bisa bermain di sekolah

Kita bisa bermain di bagian ….

a. Perpustakaan

b. Ruang guru

c. Halaman sekolah


2. Bermain di lingkungan sekolah adalah bersama ….

a. Ayah dan ibu

b. Teman sekolah

c. Adik dan kakak


3. Kita bisa bermain di lingkungan sekolah saat waktu ….

a. Pelajaran

b. Tes

c. Istirahat


4. Permainan yang bisa dimainkan di lingkungan sekolah seperti ….

a. Bermain bola

b. Bermain api

c. Bermain ular


5. 8 : 2 = ….

Cara pengurangan berulang untuk mengerjakan soal di atas adalah ….

a. 8 – 8 = 0

b. 8 – 2 – 2 – 2 – 2 = 0

c. 8 – 8 – 8 – 8 – 8 = 0


Kesimpulan 

Pembagian adalah salah satu dari empat operasi dasar aritmetika, cara bilangan digabungkan untuk membuat bilangan baru. Operasi lainnya adalah penambahanpengurangan, dan perkalian.


wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar