Senin, 11 September 2023

Materi Ajar Tema 2 Sub 2 PB 6 Kelas 2 A

 


tanggal dan waktu : Selasa, 12 September 2023 

kelas : 2 A

sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema ( 2 ) : Bermain Di Lingkunganku

Subtema ( 2 ) : Bermain Di Rumah Teman

pelajaran : 6 

KD : Matematika (4.4), B. Indonesia (3.2), PKN (1.2)

tujuan pembelajaran :

1. Peserta didik mampu memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.

2. Peserta didik dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan benar

3. Peserta didik mampu siswa dapat menyebutkan akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan di rumah dengan benar. 

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 Apersepsi

Alhamdulillah dipertemuan yang sebelumnya kita sudah mempelajari materi tentang kegunaan benda membuat kegiatan kita menjadi terbantu. Kita tidak bisa minum kalau tidak ada air dan gelas. Kita tidak bisa menulis kalau tidak ada buku dan pensil. Begitu juga dalam bermain. Dalam bermain ada yang membutuhkan benda dan ada yang tidak. Dalam bermain tarik-tarikan kita tidak membutuhkan benda apapun. Namun dalam bermain lingkaran simpai, tanpa adanya simpai permainan tidak akan bisa terlaksana. Jadi, setiap benda mempunyai kegunaan masing-masing.

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 6


Beni dan Udin sedang bermain kosakata tentang nama-nama benda.
Kosakata
adalah seperangkat kata yang familiar dalam bahasa seseorang. Kosakata, biasanya dikembangkan seiring bertambahnya usia, berfungsi sebagai alat yang berguna dan fundamental untuk komunikasi dan memperoleh pengetahuan. Memperoleh kosakata ekstensif adalah salah satu tantangan terbesar dalam mempelajari bahasa kedua.. 
berikut ini  permainan kosakata tentang nama-nama benda. 
Marilah kita cobaa...

Tuliskan kata-kata yang telah kamu temukan pada kolom berikut!


Jawaban :

NoKata BendaWujudKegunaan
1SapuPadatMembersihkan
2MejaPadatTempat Makanan
3BonekaPadatUntuk Bermain
4AirCairDiminum
5UdaraGasBernafas
Setelah kita mengamati dan menyusun kosakata tentang nama-nama benda kita akan menukisan tentang benda kesukaan, marilah kita cobaa....

Benda Kesukaanku

Pensil terbuat dari kayu yang berisi graphite/gratit di tengahnya. Berbentuk tabung atau lilinder. Kegunaannya untuk menulis sebagai pasangannya penghapus.

Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih. Pengembangan keterampilan percakapan dan etiket merupakan bagian penting dari sosialisasi. Pengembangan keterampilan percakapan dalam bahasa baru sering menjadi fokus pengajaran dan pembelajaran bahasa. 


Apa isi teks percakapan di atas? Jawaban : Percakapan diatas berisi mengenai manfaat aturan.

Mengapa kita perlu mematuhi aturan? Jawaban : Kita perlu mematuhi aturan agar lebih menjadi seorang yang disiplin dan bertanggungjawab atas segala yang dimandatkan.

Setelah kita bersama -sama mengamati percakapan diatas yang berisi tentang aturan-aturan agar kita disiplin. lalu sekarang kita akan mengamati gambar dibawah ini.


 

Gambar 1, Pendapatku : Sebaiknya Edo mengendarai sepeda pelan-pelan, jangan ngebut, karena bahaya jika terjatuh.

Gambar 2, Pendapatku : Sebaiknya Adi membuang sampah pada tempatnya, karena jika membuang sampah sembarangan lingkungan menjadi kotor.

 Manfaat mematuhi aturan: Hidup menjadi disiplin dan lebih tenang apabila mematuhi aturan. Kita juga mempunyai sikap tanggung jawab. Selain itu, manfaat lain seperti terwujudnya kehidupan yang aman, damai serta sejahtera.

Akibat tidak mematuhi aturan: Akan dikenakan sanksi dan hukuman. 

#Setelah kita mengamati kita akan melakukkan penjumlahan dengan cara perkalian   

Perkalian adalah penjumlahan berulang. Dalam konsep matematika, perkalian merupakan sebuah operasi yang meliputi penskalaan (pelipatan) bilangan yang satu dengan bilangan yang lain. Secara sederhana, perkalian dapat didefinisikan sebagai penjumlahan yang diulang.

Lengkapi kalimat perkalian berikut! Lengkapi sebanyak mungkin yang kamu bisa!


Perhatikan contoh berikut!

Beni diminta ibu untuk merapikan buku-buku yang tidak terpakai lagi. Buku-buku tersebut dimasukkan ke dalam 3 dus. Masing-masing dus berisi 8 buku. Berapa banyak buku yang dirapikan Beni?

Penyelesaian:

Banyak dus = 3

Setiap dus berisi = 8 buku

Banyak buku yang dirapikan Beni adalah:

3 x 8 = 24

Jadi, banyak buku yang dirapikan Beni adalah 24 buku.


* Selesaikanlah soal cerita berikut!

1. Edo mempunyai 8 kantong kelereng. Setiap kantong berisi 10 kelereng. Berapa banyak kelereng yang dimiliki Edo? 

Jawaban :

Penyelesaian:

Banyak kantong kelereng = 8

Setiap kantong kelereng = 10 klereng

Banyak klereng milik Edo adalah:

8 x 10 = 80

Jadi, banyak kelereng yang dimiliki Edo adalah 80 kelereng.

2. Di atas meja terdapat 6 keranjang buah. Setiap keranjang berisi 4 buah apel. Berapa banyak apel seluruhnya? Jawaban :

Penyelesaian:

Banyak keranjang buah = 6

Setiap keranjang buah = 4 apel

Banyak apel seluruhnya adalah:

6 x 4 = 24

Jadi, Banyak apel seluruhnya adalah 24 apel.

3. Ibu membeli 4 kotak kue. Setiap kotak berisi 8 kue. Berapa banyak kue yang dibeli ibu? Jawaban :

Penyelesaian:

Banyak kotak kue = 4

Setiap kotak kue berisi = 8 kue

Banyak kue yang dibeli ibu adalah:

4 x 8 = 32

Jadi, Banyak kue yang dibeli ibu adalah 32 kue.

4. Di atas rak ada 3 kotak pensil. Setiap kotak berisi 7 pensil. Berapa banyak pensil semuanya? Jawaban :

Penyelesaian:

Banyak kotak pensil = 3

Setiap kotak pensil berisi = 7 pensil

Banyak pensil semuanya adalah:

3 x 7 = 21

Jadi, Banyak pensil semuanya adalah 21 pensil.

5. Udin memetik jambu, lalu dimasukkan ke dalam 6 keranjang. Setiap keranjang berisi 8 jambu. Berapa banyak jambu yang dipetik Udin? Jawaban :

Penyelesaian:

Banyak keranjang = 6

Setiap keranjang berisi = 8 jambu

Banyak jambu yang dipetik Udin adalah:

6 x 8 = 48

Jadi, Banyak jambu yang dipetik Udin adalah 48 jambu.


* Evaluasi

1. Fadhil, Qila, Nafisah, dan Dafa masing-masing mempunyai 5 buah pensil. Apabila digabungkan jumlah pensil mereka adalah…

a. 16

b. 18

c. 20

2. Umi mempunyai 6 bungkus permen. Setiap bungkus terdapat 4 butir permen.

Maka jumlah permen Umi adalah …

a. 18

b. 20

c. 24

3. Bentuk perkalian dari 5 + 5 + 5 adalah …. ( 3 x 5 ).

4. Hazlin membeli 7 ikat rambutan. Setiap ikat terdiri dari 8 buah rambutan. Berapakah jumlah ramputan yang dibeli Hazlin?

5. Avinda membeli 6 bungkus roti. Setiap bungkus terdapat 8 buah roti kecil.

Maka jumlah roti yang dibeli Avinda adalah …


* Kesimpulan

1. Kosakata

adalah seperangkat kata yang familiar dalam bahasa seseorang. Kosakata, biasanya dikembangkan seiring bertambahnya usia, berfungsi sebagai alat yang berguna dan fundamental untuk komunikasi dan memperoleh pengetahuan

Manfaat mematuhi aturan: Hidup menjadi disiplin dan lebih tenang apabila mematuhi aturan. Kita juga mempunyai sikap tanggung jawab. Selain itu, manfaat lain seperti terwujudnya kehidupan yang aman, damai serta sejahtera.

Akibat tidak mematuhi aturan: Akan dikenakan sanksi dan hukuman. 

2. Perkalian adalah penjumlahan berulang. Dalam konsep matematika, perkalian merupakan sebuah operasi yang meliputi penskalaan (pelipatan) bilangan yang satu dengan bilangan yang lain. Secara sederhana, perkalian dapat didefinisikan sebagai penjumlahan yang diulang


wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tidak ada komentar:

Posting Komentar