Hari/Tanggal : Selasa, 29 April 2025
ASSALAMMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH
Apersepsi
Sholih sholiha bu guru bagaimana kabarnya? Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.Alhamdulillah kita Hari ini kita dapat berjumpa kembali pada hari Senin, 29 April 2025. Ibu guru mengucapkan terima kasih banyak atas semangat yang telah anak-anak ibu guru lakukan pada setiap pertemuan.
Semangat selalu ya Anak - anak hebat ibu guru, semoga materi yang akan kita pelajari hari ini dapat kita pahami dan bermanfaat ke depannya.
Pendidikan Pancasila
Negara Kesatuan Republik Indonesia
Peserta didik mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah, sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; mempraktikkan sikap dan perilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran :
Cooperatif Learning
Materi:
Aku Peduli Lingkungan

Elemen:
TUJUAN PEMBELAJARAN
Metode Pembelajaran :
Metode ceramah, bermain peran, tanya jawab.
Media / Alat peraga
Buku Cetak B.Indonesia Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
Metode Pembelajaran : Cooperative Learning
Metode Mengajar : Diskusi Kelompok
Media Pb Matematika : Lkpd, Pensil warna (media berhitung ), Video pb " PH"
Media Pb B. indonesia : Vidio pb, lkpd,
1. Capaian Penbelajaran Matematika :
v Peserta didik dapat menurutkan benda berdasarkan panjangdan berat
v Peserta didik dapat membandinkan panjang dan berat benda secara kualitatif
Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika :
Peserta didik mampu menukur dan membandingkan panajng dua buah benda mengunakan satuan tidak baku denan membilan banyak benda
Matematika
Let’s check this video
VIDEO PEMBELAJARAN
Matematika
Alat ukur tidak baku adalah alat ukur yang tidak memiliki satuan tetap dan belum distandarisasi secara internasional. Alat ini biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama oleh anak-anak atau dalam situasi informal, dan hasil pengukurannya bisa berbeda-beda tergantung pada siapa yang mengukur atau bagaimana alat itu digunakan.
Contoh Alat Ukur Tidak Baku:
Jengkal tangan – digunakan untuk mengukur panjang atau lebar.
Kaki (langkah) – untuk mengukur jarak.
Depa (rentangan tangan) – mengukur panjang, seperti lebar kain.
Genggaman tangan – untuk mengukur volume benda kecil, seperti beras.
Botol atau gelas – digunakan untuk mengukur cairan (misalnya, "1 gelas air").
Batang lidi – bisa digunakan untuk mengukur kedalaman atau panjang.
Sendok – untuk mengukur bahan makanan.
Ciri-ciri Alat Ukur Tidak Baku:
Tidak konsisten hasil pengukurannya.
Berbeda-beda antar individu.
Tidak bisa digunakan untuk pengukuran ilmiah atau teknis.
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/g
Soal PH matematika
Nama :
Kelas :
A. Pilihan Ganda
Nama:
A. Pilihan Ganda
- Alat ukur tidak baku untuk mengukur panjang adalah...
a. jengkal
b. meteran
c. timbangan
- Untuk mengukur berat buah secara tidak baku, kita bisa menggunakan...
a. batu
b. penggaris
c. jam
- Langkah kaki digunakan untuk mengukur...
a. waktu
b. panjang atau jarak
c. berat
- Contoh alat ukur tidak baku untuk mengukur berat adalah...
a. timbangan
b. ember berisi air
c. batu kecil
- Yang merupakan alat ukur tidak baku adalah...
a. penghapus
b. penggaris
c. mistar
B. Isian Singkat
Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang tepat!
- Mengukur meja dengan jengkal tangan termasuk alat ukur __________.
- Langkah kaki dapat digunakan untuk mengukur __________ lapangan.
- Batu kecil bisa digunakan untuk mengukur __________ benda.
- Contoh alat ukur tidak baku untuk panjang adalah __________.
- Mengukur berat benda kecil bisa menggunakan __________.
C. Essay Pendek
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
- Alat ukur tidak baku untuk mengukur panjang adalah...
- Apa yang dimaksud dengan alat ukur tidak baku?
- Sebutkan 2 contoh alat ukur tidak baku!
- Mengapa alat ukur tidak baku hasilnya bisa berbeda-beda?
- Sebutkan kegiatan sehari-hari yang menggunakan alat ukur tidak baku!
- Bagaimana cara mengukur panjang papan tulis dengan jengkal tangan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar