Hari/Tanggal : KAMIS, 19 Agustus 2021
Kelas/Semester : II (Dua) / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 3 : Hidup Rukun di Masyarakat
Pembelajaran : 2& 3
Tujuan :
1. Dengan diberikan teks hidup bergotong royong, siswa dapat meenunjukkan contoh prilaku dimasyarakat yang sesuai pancasila sila pertama dan sila kedua Pancasila.
2. Dengan diberikan tiga buah bilangan, siswa dapat menelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
3. dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami,siswa dapat mengidentifikasikan langkah-langkah cara membuat karya hiasan dari bahan alami dengan benar.
APESEPSI
Baiklah anak sholih-sholiha kemarin kita sudah membaahas tentang hidup rukun dimasyarakat sesuai sila ke dua pancasila dan kaimat penolakan yang sopan, insyaAllah paham iya anak sholih-sholiha. seperti contoh "maaf saya tidak setuju jika membersihkan samah masig-masing.semoga semua paham iya nak .Gotong royong merupakan istilah Indonesia untuk bekerja
bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan.
Istilah ini berasal dari kata bahasa Jawa gotong yang berarti
"mengangkat" dan royong yang berarti "bersama".
Penerapan Sila Pertama Pancasila dalah Kehidupan Sehari-hari
1. Mempercayai Adanya Tuhan
2. Memeluk Suatu Agama Tertentu
3. Menjalankan Ibadah Sesuai Perintah Agama
4. Toleransi
ü Penerapan Sila Kedua Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari
1. Menghormati Hak Orang Lain
2. Bertindak Adil
3. Selalu Bersikap Sopan dan Santun
4. Saling Menghargai Pendapat
link video pembelajaraan 2
https://www.youtube.com/watch?v=OmMX5RgbJvM
link video pembelajaran 3
https://youtu.be/Vi0GLJCtuP4
Warga di lingkungan rumah Udin sedang bergotong royong.
Ibu-ibu menyiapkan makanan dan minuman. Anak-anak ikut membantu. Ada anak yang membantu membersihkan sampah. Ada juga anak yang membantu menyajikan makanan. Semua tampak rukun dan gembira.
Ibu-ibu menyiapkan banyak makanan untuk
peserta gotong royong.
Ada 95 kue bolu dan 120 kue lemper.
Kue itu disajikan dan dimakan 158 buah.
Berapa sisa kue sekarang?
Ingatlah penjumlahan dan pengurangan yang
sudah dipelajari sebelumnya.
peserta gotong royong.
Ada 95 kue bolu dan 120 kue lemper.
Kue itu disajikan dan dimakan 158 buah.
Berapa sisa kue sekarang?
Ingatlah penjumlahan dan pengurangan yang
sudah dipelajari sebelumnya.
.
SBdP
Bahan dan Alat yang Digunakan
• Kertas gambar
• Lem kertas atau lem kayu
• Berbagai biji-bijian, misalnya kacang hijau,
kedelai, jagung, dan lain-lain
• Pensil
Cara Membuat
1. Buatlah sketsa gambar yang akan dihias.
2. Oleskan lem sedikit demi
sedikit pada gambar yang
akan ditempeli kertas.
3. Tempelkan biji-bijian pada
gambar yang telah dibuat
dan diolesi lem (Perhatikan
kombinasi warna dan jenis
biji-bijian).
LATIHAN TEMA 1 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 2 & 3• Kertas gambar
• Lem kertas atau lem kayu
• Berbagai biji-bijian, misalnya kacang hijau,
kedelai, jagung, dan lain-lain
• Pensil
Cara Membuat
1. Buatlah sketsa gambar yang akan dihias.
2. Oleskan lem sedikit demi
sedikit pada gambar yang
akan ditempeli kertas.
3. Tempelkan biji-bijian pada
gambar yang telah dibuat
dan diolesi lem (Perhatikan
kombinasi warna dan jenis
biji-bijian).
1. Buatlah video kalian menyebutkan satu contoh
pengamalan pancasila sila ke- dua dilingkungan masyarakat.
2. Dari alat dan bahan diatas buatlah sketa gambar burung, lalu hias dengan menggunakan biji-bijian ?Bahasa Lampung
Latihan soal :
Tulis dengan menggunakan Aksara
Lampung :
1. A da ga da Ra ja ma la ka = .....
2. Ka ta pa pa a da ba ha ya = ....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar