06 Januari 2020
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : 2
Tema : 5 / Pengalamanku
Subtema : I / Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 1
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
Tujuan Pembelajaran
Dengan memperhatikan pembacaan teks percakapan, siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata maaf untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
Dengan mengamati gambar jam dinding, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.
Dengan mengamati berbagai gambar benda, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
Dengan mengamati teks lagu Pelangi-Pelangi, siswa dapat memainkan pola irama sederhana
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
Membaca lancar teks yang berhubungan dengan Pengalaman di rumah.
Membuat pertanyaan dengan kata Tanya siapa, mengapa, dimana, bagaimana, dan kapan berdasarkan teks.
Mengamati dan mempraktikan cara meminta maaf.
Mengamati gambar jam dinding, dan berlatih mengukur panjang benda.
Mengukur benda yang ada di sekitar dengan satuan cm.
Menyanyikan lagu Pelangi-Pelangi, dan menentukan tekanan nada.
Menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana
Penutup
Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamanku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Gambar dan alat ukur panjang.
Materi Pembelajaran
Siswa mendengarkan teks percakapan antara Beni dan Ibunya.
Ibu : Beni, coba lihat jam dinding di rumah, Nak !
Beni : Ya, Bu! (Beni melihat jam dinding) waahh! Jarumnya bergerak, Bu!
Ibu : Kalau begitu, apa yang harus dilakukan ?
Beni : Beni harus mengganti baterai dengan yang baru, Bu!
Ibu : Maukah Beni mengganti baterainya ?
Beni : Mau, Bu! (Beni naik diatas tangga).
Ibu : Hati-hati ya, Nak!
Beni : Ya, bu! (saat menjangkau jam dinding, Beni kurang hati-hati.
Ibu : Wahh, jamnya retak.
Beni : Maafkan Beni, Bu! Beni kurang hati-hati dalam mengambil jam dinding, sehingga jam dinding terjatuh.
Ibu : Ya, Nak! Kedepannya, Beni harus labih hati-hati dan tidak tergesa-gesa.
Siswa diarahkan mengajukan pertanyaan menggunakan kata Tanya siapa, mengapa, dimana, bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar yang diamati, siswa lain menjawab pertanyaannya.
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan yang didengarnya.
Siswa mengamati gambar Beni meminta maaf kepada ibunya
Siswa bertanya jawab tentang cara meminta maaf
Siswa bersama pasangannya berlatih meminta maaf secara bergantian.
Mengamati gambar jam dinding, dan bertanya jawab tentang satuan panjang.
Siswa mengerjakan latihan untuk mengukur benda yang ada di sekitar.
Membaca dan menyanyikan lagu Pelangi-pelangi.
Bertanya jawab tentang tekanan nada, dan notasi angka.
Menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama.
Menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola irama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar