Rabu, 12 Februari 2025

Rabu, 12 Februari 2025

     



Hari/Tanggal : Rabu, 12 Februari 2025

Fase/Kelas : A/2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 
 
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia dan SBDP

ASSALAMMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

* Apersepsi

alhamdulillah pada hari ini tanggal 12 februari 2025 kita dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran kembali dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan SBDP, adapun materi hari ini adalah Lingkungan dan SBDP mengenali ragam hias Nusantara. Mari kita mulai..


BAHASA INDONESIA


CP: mengenali dan memperhatikan lingkungan terutama pengehematan air dan sampah organik non organik


TUJUAN PEMBELAJARAN: 
Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi kunci pada teks yang dibacakan dengan tepat;

Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya;

Melalui memeragakan percakapan, peserta didik dapat berbicara sopan menggunakan kalimat imbauan dan ajakan

  • Peserta didik akan belajar tentang cara menghemat air;
  • Peserta didik akan belajar tentang memilah sampah organik dan anorganik

Media 

Buku Cetak B.Indonesia Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.


Video pembelajaran 

Amati gambar berikut bersama guru kalian. Berapa persen jumlah air bersih di bumi?


Bacalah bacaan berikut dengan nyaring. Yuk, Hemat Air!

Sebagian besar permukaan bumi adalah air. Hampir semuanya adalah air asin. Air asin adalah air dengan kandungan garam tinggi. Air tawar adalah air yang tidak manis atau asin. Manusia membutuhkan air tawar untuk hidup. Air tawar digunakan untuk memasak, mandi, dan mencuci. Jumlah air tawar bersih di bumi sangat terbatas. Yuk, kita hemat air.

Cara Menghemat Air: 
• Tidak berlama-lama ketika mandi. 
• Mematikan keran ketika sedang menyabuni tangan. 
• Menyiram tanaman dengan alat penyiram. 
• Memeriksa apakah ada keran yang bocor

Amati gambar berikut bersama guru kalian
"BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPAT SEHARUSNYA'


Berlatihlah menggunakan kosakata baru. Tuliskan kata yang tepat untuk gambar berikut.




Dalam kegiatan ini kalian belajar menyebutkan perbedaan pada gambar.

2. Pilih dua sampah organik dan dua sampah anorganik. Masukkan dalam tabel berikut. Lalu, tambahkan sampah lain yang belum ada pada gambar. Dua sampah organik dan dua sampah anorganik. Tuliskan tabel berikut di buku tulis kalian, ya.

Kalimat imbauan atau ajakan bertujuan mengajak seseorang melakukan sesuatu. 
• Dalam kalimat imbauan kata kerjanya memakai akhiran –lah.
 Contohnya : Buanglah sampah pada tempatnya!
  : Jagalah kebersihan kelas!

 • Kalimat ajakan memakai kata “ayo” dan “mari”. 

Contohnya : Ayo, buang sampah pada tempatnya! 
 : Mari kita jaga kebersihan kelas!


SBDP


CP: peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dan bahan dasar dalam berkarya menggambar peserta didik dapat mengenali ragam hias nusantara 

ATP: mengenali ragam hias nusantara berbentuk geometri

TP: mengenali konsep ragam hias geometri 
Menjelaskan ciri-ciri ragam hias geometris 
Mengenal aneka ragam hias geometri 
Membuat ragam hias geometri 
Memiliki karakter kreativitas dalam aktivitas 
Memiliki karakter bergotong-royong 
Indahnya ragam hias nusantara 
Mengenal ragam hias geometris 
Aneka ragam hias 

A. Mengenal ragam hias geometri 
Ragam hias dapat disebut ornamen ada juga yang menyebut motif ragam hias adalah bentuk yang diulang bentuk tersebut menjadi pola atau motif salah satu contohnya adalah bentuk geometri 

B. Ciri ragam hias geometri 
Ragam hias geometri mempunyai ciri cirinya terdapat garis dan lengkungan 

1. Ragam hias garis 
Ragam hias garis terdiri dari kumpulan garis susunannya berulang-ulang polanya rapi dan teratur 

2. Ragam hias lengkung 
Ragam hias lengkung polanya berupa lengkungan susunan berulang-ulang polanya selaras dan harmonis 

C. Aneka ragam hias 
Indonesia kaya akan ragam hias ragam hias tiap daerah berbeda keindahan ragam hias dilihat dari warna bentuk dan polanya.





KESIMPULAN



PENUTUP

WASSALAMMUALAIKUM WARAHAMTULLAHI WABARAKATUH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar