alhamdulillah pada hari ini tanggal 12 februari 2025 kita dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran kembali dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan SBDP, adapun materi hari ini adalah Lingkungan dan SBDP mengenali ragam hias Nusantara. Mari kita mulai..
BAHASA INDONESIA
CP: mengenali dan memperhatikan lingkungan terutama pengehematan air dan sampah organik non organik
TUJUAN PEMBELAJARAN: Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi kunci pada teks yang dibacakan dengan tepat;
Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya;
Melalui memeragakan percakapan, peserta didik dapat berbicara sopan menggunakan kalimat imbauan dan ajakan
Pesertadidik akan belajar tentang cara menghemat air;
Pesertadidik akan belajar tentang memilah sampah organik dan anorganik
Media
Buku Cetak B.Indonesia Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
Video pembelajaran
Amati gambar berikut bersama guru kalian. Berapa persen jumlah air bersih di bumi?
Bacalah bacaan berikut dengan nyaring. Yuk, Hemat Air!
Sebagian besar permukaan bumi adalah air. Hampir semuanya adalah air asin. Air asin adalah air dengan kandungan garam tinggi. Air tawar adalah air yang tidak manis atau asin. Manusia membutuhkan air tawar untuk hidup. Air tawar digunakan untuk memasak, mandi, dan mencuci. Jumlah air tawar bersih di bumi sangat terbatas. Yuk, kita hemat air.
Cara Menghemat Air:
• Tidak berlama-lama ketika mandi.
• Mematikan keran ketika sedang menyabuni tangan.
• Menyiram tanaman dengan alat penyiram.
• Memeriksa apakah ada keran yang bocor
Amati gambar berikut bersama guru kalian
"BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPAT SEHARUSNYA'
Berlatihlah menggunakan kosakata baru. Tuliskan kata yang tepat untuk gambar berikut.
Dalam kegiatan ini kalian belajar menyebutkan perbedaan pada gambar.
2. Pilih dua sampah organik dan dua sampah anorganik. Masukkan dalam tabel berikut. Lalu, tambahkan sampah lain yang belum ada pada gambar. Dua sampah organik dan dua sampah anorganik. Tuliskan tabel berikut di buku tulis kalian, ya.
Kalimat imbauan atau ajakan bertujuan mengajak seseorang melakukan sesuatu.
• Dalam kalimat imbauan kata kerjanya memakai akhiran –lah.
Contohnya : Buanglah sampah pada tempatnya!
: Jagalah kebersihan kelas!
• Kalimat ajakan memakai kata “ayo” dan “mari”.
Contohnya : Ayo, buang sampah pada tempatnya!
: Mari kita jaga kebersihan kelas!
SBDP
CP: peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dan bahan dasar dalam berkarya menggambar peserta didik dapat mengenali ragam hias nusantara
ATP: mengenali ragam hias nusantara berbentuk geometri
TP: mengenali konsep ragam hias geometri
Menjelaskan ciri-ciri ragam hias geometris
Mengenal aneka ragam hias geometri
Membuat ragam hias geometri
Memiliki karakter kreativitas dalam aktivitas
Memiliki karakter bergotong-royong
Indahnya ragam hias nusantara
Mengenal ragam hias geometris
Aneka ragam hias
A. Mengenal ragam hias geometri
Ragam hias dapat disebut ornamen ada juga yang menyebut motif ragam hias adalah bentuk yang diulang bentuk tersebut menjadi pola atau motif salah satu contohnya adalah bentuk geometri
B. Ciri ragam hias geometri
Ragam hias geometri mempunyai ciri cirinya terdapat garis dan lengkungan
1. Ragam hias garis
Ragam hias garis terdiri dari kumpulan garis susunannya berulang-ulang polanya rapi dan teratur
2. Ragam hias lengkung
Ragam hias lengkung polanya berupa lengkungan susunan berulang-ulang polanya selaras dan harmonis
C. Aneka ragam hias
Indonesia kaya akan ragam hias ragam hias tiap daerah berbeda keindahan ragam hias dilihat dari warna bentuk dan polanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar