Hari/Tanggal : Jum'at, 09 Februari 2024
Kelas : 2 A
Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Tema ( 5 ) : Pengalamanku
Subtema ( 4 ) : Pengalamanku di Tempat Wisata
Pembelajaran : 3
Kompetensi Dasar :
- Bahasa Indonesia 3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
4.6 Menyampaikan ungkapan ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”,“tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.
4.6 Menyampaikan ungkapan ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”,“tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.
- Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
- SBDP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak - anak.
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak - anak.
Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan dengan benar.
- Siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang (misalnya cm dan m) dengan tepat.
- Siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
- Siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan dengan benar.
- Siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang (misalnya cm dan m) dengan tepat.
- Siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Good morning ananda sholeh sholehah
Ananda sholeh sholehah, masih ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas pada pertemuan sebelumnya tentang puisi.
Bahasa Indonesia
Desaku yang kucinta
Pujaan hatiku
Tempat ayah dan bunda
Dan handai taulanku
Tak mudah kulupakan
Tak mudah bercerai
Selalu kurindukan
Desaku yang permai
Dalam setiap membuat puisis kita perlu mengetahui tentang makna dari puisi tersebut.
Dengan memperhatikan :
1. Ekspresi : Raut dari wajah kita atau pun gerak tubuh yang mengisyaratkan perasaan.
2. Intonasi : Perubahan nada tepatnya naik dan turunnya nada juga tinggi dan rendahnya suara dengan penekanan tertentu.
3. Lafal : Bagaimana suatu kata atau kalimat dibunyikan.
Sbdp
Karya hiasan Flanel adalah sebuah kain tenun lembut yang memiliki berbagai tingkat kelembutan. Flanel awalnya terbuat dari wol carded atau benang worsted, tetapi kini kerap terbuat dari wol, katun, atau serat sintetis. Flanel dapat disikat agar lebih lembut atau dibiarkan tanpa disikat.
Pembelajaran 3
Materi Ajar
Puisi adalah salah satu dari karya seni yang penulisannya terikat dengan aturan-aturan. Aturan yang mengikat puisi seperti jumlah baris dalam satu bait, jumlah kata, dan sajak atau pengulangan kata.
Berikut ini contoh dari puisi dengan tema " Desaku " Bacalah puisi berikut!
Gunakan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat!
Berikut ini contoh dari puisi dengan tema " Desaku " Bacalah puisi berikut!
Gunakan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat!
Desaku
(Pencipta: L. Manik)
(Pencipta: L. Manik)
Desaku yang kucinta
Pujaan hatiku
Tempat ayah dan bunda
Dan handai taulanku
Tak mudah kulupakan
Tak mudah bercerai
Selalu kurindukan
Desaku yang permai
Dalam setiap membuat puisis kita perlu mengetahui tentang makna dari puisi tersebut.
Dengan memperhatikan :
1. Ekspresi : Raut dari wajah kita atau pun gerak tubuh yang mengisyaratkan perasaan.
2. Intonasi : Perubahan nada tepatnya naik dan turunnya nada juga tinggi dan rendahnya suara dengan penekanan tertentu.
3. Lafal : Bagaimana suatu kata atau kalimat dibunyikan.
Sbdp
Karya hiasan Flanel adalah sebuah kain tenun lembut yang memiliki berbagai tingkat kelembutan. Flanel awalnya terbuat dari wol carded atau benang worsted, tetapi kini kerap terbuat dari wol, katun, atau serat sintetis. Flanel dapat disikat agar lebih lembut atau dibiarkan tanpa disikat.
Yukkk kita simak video berikut ini :
Matematika
Satuan panjang adalah konversi yang digunakan dalam menentukan panjang. Satuan panjang digunakan untuk mengidentifikasi ukuran suatu benda .. Secara berurutan dari atas ke bawah, tangga satuan panjang di antaranya adalah: kilometer (km), hektometer (hm), dekameter (dam), meter ( m), desimeter (dm), centimeter (cm), dan milimeter (mm).
Satuan panjang adalah konversi yang digunakan dalam menentukan panjang. Satuan panjang digunakan untuk mengidentifikasi ukuran suatu benda .. Secara berurutan dari atas ke bawah, tangga satuan panjang di antaranya adalah: kilometer (km), hektometer (hm), dekameter (dam), meter ( m), desimeter (dm), centimeter (cm), dan milimeter (mm).
Berikut ini macam - macam alat ukur. Alat digunakan untuk mengukur dengan satuan meter. Juga dengan satuan sentimeter
Panjang badan komodo 146 cm. Panjang ekor komodo 152 cm. Berapa meter panjang badan dan ekor komodo tersebut?
Jawaban :
Panjang badan seluruh = panjang badan + panjang ekor
= 146 cm + 152 cm
= 298 cm
= (298 : 10 : 10) m
= (298 : 100) m
= 2,98 m
Jadi panjang badan komodo tersebut adalah 2,98 m
Jawaban :
Panjang badan seluruh = panjang badan + panjang ekor
= 146 cm + 152 cm
= 298 cm
= (298 : 10 : 10) m
= (298 : 100) m
= 2,98 m
Jadi panjang badan komodo tersebut adalah 2,98 m
✓ Evaluasi
1. Panjang badan komodo 146 cm. Panjang ekor komodo 152 cm. Berapa meter panjang badan
dan ekor komodo tersebut?
2. Komodo jantan panjangnya 314 cm. Komodo betina panjangnya 298 cm. Berapa cm panjang
kedua komodo?
3. Anak komodo panjang badannya 63 cm. Ekornya 56 cm. Berapa meterkah panjang badan dan
ekor anak komodo?
4. Anak komodo jantan panjangnya 65 cm. Anak komodo betina panjangnya 60 cm. Berapa
meterkah panjang kedua anak komodo?
dan ekor komodo tersebut?
2. Komodo jantan panjangnya 314 cm. Komodo betina panjangnya 298 cm. Berapa cm panjang
kedua komodo?
3. Anak komodo panjang badannya 63 cm. Ekornya 56 cm. Berapa meterkah panjang badan dan
ekor anak komodo?
4. Anak komodo jantan panjangnya 65 cm. Anak komodo betina panjangnya 60 cm. Berapa
meterkah panjang kedua anak komodo?
Kesimpulan
Dari materi pembelajaran yang sudah dipelajari anak sholeh sholehah materi sebelumnya di pembelajaran yang ke 2 disimpulkan bahwa peserta didik kelas 2 A berjumlah 21 anak ada 2 peserta didik yang tidak hadir dikarenakan sakit.Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu mengerjakan sholat 5 waktu dan jangan lupa terus murojaah juz 30. Jangan lupa untuk pembelajaraan besok 12 Februari 2024 kita akan mempelajari Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 4.
Tetap semangat ananda sholeh sholehah Bu Upik dan pak Hendri
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun sunnah serta muroja'ah nya
And selalu menjaga kesehatan nya
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun sunnah serta muroja'ah nya
And selalu menjaga kesehatan nya
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar