Hari/Tanggal : Jum'at, 12 Januari 2024
Kelas : 2A
Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Tema ( 5 ) : Pengalamanku
Subtema ( 1 ) : Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 2
Kompetensi Dasar :
- (2.1 PPKN) Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai dengan silsila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
- (3.6 Bahasa Indonesia )
Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
- (3.5 PJOK)
Memahami berbagai variasi pola gerak dominan (bertumpu, mengandalkan, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
- (3.6 Bahasa Indonesia )
Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
- (3.5 PJOK)
Memahami berbagai variasi pola gerak dominan (bertumpu, mengandalkan, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
Tujuan Pembelajaran :
- Dengan menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila pertama di rumah dengan baik
- Dengan mengamati teks percakapan antara Beni bersama ayahnya, siswa dapat menjelaskan makna ungkapan permintaan maaf yang ditemukan dari teks percakapan dengan bahasa sendiri dengan baik.
- Dengan mengamati gambar beberapa gerakan bertumpu dengan tangan, siswa dapat menjelaskan variasi gerak bertumpu dengan tangan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
- Dengan mengamati teks percakapan antara Beni bersama ayahnya, siswa dapat menjelaskan makna ungkapan permintaan maaf yang ditemukan dari teks percakapan dengan bahasa sendiri dengan baik.
- Dengan mengamati gambar beberapa gerakan bertumpu dengan tangan, siswa dapat menjelaskan variasi gerak bertumpu dengan tangan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Ananda sholeh sholehah, masih ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas di pertemuan sebelumnya yaitu pada tema 5 subtema 1 pb 1 membahas tentang Satuan Ukur pada penggaris adalah sentimeter dan di singkat dengan (CM) menggukurnya dimulai dari angka 0. Hari ini kita akan membahas materi tema 5 subtema 1 pb 2 diantaranya tentang “Pengalamanku Di Rumah”.
Sebelum kita memulai pelajaran, marilah seluruh anak-anak shaleh dan sholehah membacakan dhuha lalu muroja'ah surat pendek juz 30 oke nak...
Yuk simak materi pembelajaran berikut
Video Pembelajaran
Pembelajaran 2
Materi Ajar
Beni dan ayahnya bermain kuda-kudaan. Beni menirukan posisi kuda. Posisi kuda yang diperagakan ayahnya.
Gerak dasar bertumpu merupakan salah satu gerakan dominan dalam aktivitas senam lantai. Selain gerak dasar bertumpu, ada 8 gerak dominan dalam senam lantai, yakni mengandalkan, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, mengayun, melayang, dan mendarat. Gerakan bertumpu ditentukan oleh unsur kekuatan.
Perhatikan gambar berikut!
Ada beberapa gerakan bertumpu dengan tangan. Gerakan ini dilakukan oleh Beni.
Buatlah sebuah pertanyaan. Pertanyaan ini berkaitan dengan gambar gerakan bertumpu.
Gerakan bertumpu dengan tangan. Mintalah temanmu menjawabnya
Contoh sebuah pertanyaan yaitu sebagai berikut :
Pertanyaan : refleksi macam-macam gerakan bertumpu dengan tangan !
Jawaban teman : Ada 6 macam, yaitu kayang, guling depan, guling belakang, handstand, meroda, dan lompat jongkok.
Yukk coba
š«Pertanyaan : ............................................ . ..................
šJawaban teman : ........................... . ................................
Perhatikan Gambar 1, 2, dan 3! Lakukan bersama temanmu. Diskusikan cara melakukan gerakannya. halaman Lihat 14.
Jawaban :
Gambar 1
Pertama, berdiri tegak kemudian lebarkan kaki sedikit, tempatkan tangan di lantai seperti posisi push-up dan pandangan ke depan.
Gambar 2
Pertama, berdiri tegak kemudian lebarkan kaki sedikit, tempatkan tangan di lantai seperti posisi push-up.
Gambar 3
Pertama, berdiri tegak kemudian lebarkan kaki sedikit, tempatkan tangan di dinding seperti posisi push-up di lantai.
Ayo Membaca!
Kamu dapat mencoba gerakan bertumpu. Gerakan bertumpu seperti yang dilakukan Beni. Beni melanjutkan permainan kuda-kudaan. Beni menjadi anak kuda. Kaki Beni menyenggol guci saat merangkak. Guci rebah dan hampir menyentuh lantai.
Ayah Beni menyambut guci tersebut. Guci sebelum diterima rebah di lantai. Beni dan ayahnya bersyukur. Karena guci disambut dengan cepat. Rasa bersyukur merupakan perilaku yang baik. ini Perilaku sesuai sila pertama Pancasila.
Gerakan bertumpu dengan tangan. Mintalah temanmu menjawabnya
Contoh sebuah pertanyaan yaitu sebagai berikut :
Pertanyaan : refleksi macam-macam gerakan bertumpu dengan tangan !
Jawaban teman : Ada 6 macam, yaitu kayang, guling depan, guling belakang, handstand, meroda, dan lompat jongkok.
Yukk coba
š«Pertanyaan : ............................................ . ..................
šJawaban teman : ........................... . ................................
Perhatikan Gambar 1, 2, dan 3! Lakukan bersama temanmu. Diskusikan cara melakukan gerakannya. halaman Lihat 14.
Jawaban :
Gambar 1
Pertama, berdiri tegak kemudian lebarkan kaki sedikit, tempatkan tangan di lantai seperti posisi push-up dan pandangan ke depan.
Gambar 2
Pertama, berdiri tegak kemudian lebarkan kaki sedikit, tempatkan tangan di lantai seperti posisi push-up.
Gambar 3
Pertama, berdiri tegak kemudian lebarkan kaki sedikit, tempatkan tangan di dinding seperti posisi push-up di lantai.
Ayo Membaca!
Kamu dapat mencoba gerakan bertumpu. Gerakan bertumpu seperti yang dilakukan Beni. Beni melanjutkan permainan kuda-kudaan. Beni menjadi anak kuda. Kaki Beni menyenggol guci saat merangkak. Guci rebah dan hampir menyentuh lantai.
Ayah Beni menyambut guci tersebut. Guci sebelum diterima rebah di lantai. Beni dan ayahnya bersyukur. Karena guci disambut dengan cepat. Rasa bersyukur merupakan perilaku yang baik. ini Perilaku sesuai sila pertama Pancasila.
Beni bersyukur karena guci tidak pecah. Beni minta maaf kepada ayahnya.
Pernahkah kamu melakukan kesalahan? Apa yang dilakukan setelah itu? Apakah kamu pernah meminta maaf?
Coba lakukan dengan sopan.
Perhatikan teks percakapan berikut!
Bacalah dengan lancar!
Beni : “Ayah, Beni minta maaf.”
Ayah: “Meminta maaf tentang apa?”
Beni : “Karena Beni kurang hati-hati.”
Ayah : “Iya, Nak! Ayah maafkan. Beni lain kali harus hati-hati ya”.
Beni : “Iya, Ayah”.
Ayah: “Ayo main kuda-kudaan lagi!”.
Beni : “Aku ingin menjadi anak kuda lagi!”
Ayah: “Baiklah jagoanku!”
Makna ungkapan permintaan maaf.
................................................. . ................................. ................ . .................................................. ... . ................................................. . ...........
_ ................................... ... .......... ....... ........................ ......... ........... ........................
...... ......... ............... ........................ ........... .................... ..... .................... .... . ................................................. . ...............
................................... ... .. ............ ................................ .... .. ............ _ ........................... ........ .. .......
.. ................................... .... .. ............ ................................ ..... .. ........ ................................... ..... .. ...... ............
........................ ...... .. ..... ................................... ........ .. .... ................................... ......... .. .. ........................
............. ......... .................................................. .. ........ ... ................................... .. ..................................................
Pernahkah kamu melakukan kesalahan? Apa yang dilakukan setelah itu? Apakah kamu pernah meminta maaf?
Coba lakukan dengan sopan.
Perhatikan teks percakapan berikut!
Bacalah dengan lancar!
Beni : “Ayah, Beni minta maaf.”
Ayah: “Meminta maaf tentang apa?”
Beni : “Karena Beni kurang hati-hati.”
Ayah : “Iya, Nak! Ayah maafkan. Beni lain kali harus hati-hati ya”.
Beni : “Iya, Ayah”.
Ayah: “Ayo main kuda-kudaan lagi!”.
Beni : “Aku ingin menjadi anak kuda lagi!”
Ayah: “Baiklah jagoanku!”
Makna ungkapan permintaan maaf.
................................................. . ................................. ................ . .................................................. ... . ................................................. . ...........
_ ................................... ... .......... ....... ........................ ......... ........... ........................
...... ......... ............... ........................ ........... .................... ..... .................... .... . ................................................. . ...............
................................... ... .. ............ ................................ .... .. ............ _ ........................... ........ .. .......
.. ................................... .... .. ............ ................................ ..... .. ........ ................................... ..... .. ...... ............
........................ ...... .. ..... ................................... ........ .. .... ................................... ......... .. .. ........................
............. ......... .................................................. .. ........ ... ................................... .. ..................................................
Evaluasi
Ayo Berlatih! Perhatikan gambar berikut! Gambar-gambar tersebut mencerminkan sila Pancasila. Berikan centang (✓) pada gambar yang menunjukkan sila pertama.
Tuliskan sikap yang sesuai sila pertama Pancasila!
1. Tidak memaksakan agamanya kepada orang lain
2. Tidak mengganggu rekaman peribadatan agama lain
3. ................................ ................................................. . ...................................
4. ............. .. .. ........................................ ..... . .. ...................................
5. ...... ... .. ................................................ .. .................................................. .. ... .....
1. Tidak memaksakan agamanya kepada orang lain
2. Tidak mengganggu rekaman peribadatan agama lain
3. ................................ ................................................. . ...................................
4. ............. .. .. ........................................ ..... . .. ...................................
5. ...... ... .. ................................................ .. .................................................. .. ... .....
Kesimpulan
Dari materi pembelajaran yang sudah dipelajari anak sholeh sholehah materi sebelumnya di pembelajaran yang ke 1 disimpulkan bahwa peserta didik kelas 2 A berjumlah 21 anak ada 4 peserta didik yang tidak hadir dikarenakan sakit dan ijin.
Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu mengerjakan sholat 5 waktu dan jangan lupa terus murojaah juz 30. Jangan lupa untuk pembelajaraan besok 15 Januari 2024 kita akan mempelajari Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 3.
Tetap semangat ananda sholeh sholehah Bu Upik dan pak Hendri
Dan selalu menjaga kesehatan
Dan selalu menjaga kesehatan
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar