Hari/Tanggal : Selasa, 21 November 2023
Kelas : 2 A
Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Tema ( 4 ) : Hidup Bersih dan Sehat
Subtema ( 3 ) : Hidup Bersih dan Sehat di Tempat bermain
Pembelajaran : 4 -6
Kompetensi Dasar :
- (PPKN 1.4)
Menerima sikap sesuai dengan makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
- (PPKN 2.4)
Menerima makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
- (Bahasa Indonesia 3.4)
Mengenal pemahaman dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.- (Bahasa Indonesia 4.4) Menyajikan penggunaan pemahaman
bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
- (Matematika 4.9)
Mengidentifikasi ruas garis dengan menggunakan bangun datar dan bangun ruang.
- (Matematika 4.10 )
Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciricirinya
- ( SBDP 4.1 )
Membuat karya gambar imajinatif dua dan tiga dimensi.
- (PJOK 3.4)
Memahami prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
Tujuan Pembelajaran 4 - 6 :
1. Siswa dapat melakukan observasi sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan benar.
2. Siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
3. Siswa dapat mengelompokan benda di sekitar yang termasuk membangun ruang dengan benar.
4. Siswa dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
5. Siswa dapat menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan bahasa yang santun.
6. Siswa dapat menjelaskan prosedur gerak kelenturan tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
7. Siswa dapat belajar pengalaman tentang melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
8. Siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah dipertemuan sebelumnya ananda Sholeh Sholehah sudah mempelajari materi tentang karya dua dimensi, bangun ruang kubus, dan kerja sama.Hari ini ananda sholeh sholehah akan melanjutkan materi tentang polusi udara, kubus dan balok bangun ruang, plastisin, manfaat kebersamaan dan menjaga kesehatan badan.
Yuk simak materi pembelajaran berikut ini
Video Pembelajaran
Pembelajaran 4
Kompetensi Dasar :
- (PPKN 1.4)
Menerima sikap sesuai dengan makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
- (PPKN 2.4)
Menerima makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
- (Bahasa Indonesia 3.4)
Mengenal pemahaman dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.- (Bahasa Indonesia 4.4) Menyajikan penggunaan pemahaman
bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
- (Matematika 4.9)
Mengidentifikasi ruas garis dengan menggunakan bangun datar dan bangun ruang.
- (Matematika 4.10 )
Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciricirinya
- ( SBDP 4.1 )
Membuat karya gambar imajinatif dua dan tiga dimensi.
- (PJOK 3.4)
Memahami prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
Tujuan Pembelajaran 4 - 6 :
1. Siswa dapat melakukan observasi sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan benar.
2. Siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
3. Siswa dapat mengelompokan benda di sekitar yang termasuk membangun ruang dengan benar.
4. Siswa dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
5. Siswa dapat menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan bahasa yang santun.
6. Siswa dapat menjelaskan prosedur gerak kelenturan tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
7. Siswa dapat belajar pengalaman tentang melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
8. Siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah dipertemuan sebelumnya ananda Sholeh Sholehah sudah mempelajari materi tentang karya dua dimensi, bangun ruang kubus, dan kerja sama.Hari ini ananda sholeh sholehah akan melanjutkan materi tentang polusi udara, kubus dan balok bangun ruang, plastisin, manfaat kebersamaan dan menjaga kesehatan badan.
Yuk simak materi pembelajaran berikut ini
Video Pembelajaran
Pembelajaran 4
Pembelajaran 5
Pembelajaran 6
Materi Ajar
Dayu dan teman-teman bermain di taman yang ada di pinggir jalan raya. Mereka mengamati setiap kendaraan bermotor yang lewat. Kendaraan bermotor mengeluarkannya secepatnya. Asap kendaraan bermotor menyebabkan polusi udara. Tempat yang kumuh dan becek harus dibersihkan tempat yang kumuh dan becek harus dibersihkan. Tempat kumuh membuat lingkungan bau. Bau yang tidak enak akan membuat tempat menjadi tidak nyaman. Udara di sekitar menjadi tercemar. Pencemaran lingkungan bisa menimbulkan penyakit. Tempat yang becek juga dapat membahayakan diri Anda sendiri. Tempat yang becek mengandung udara. Jika tidak berhati-hati, saat berjalan dapat terpeleset dan jatuh. Kepala bisa menempel ke lantai. Oleh karena itu, kita harus menjaga keselamatan diri. Caranya dengan menjaga kebersihan lingkungan agar tidak kumuh dan becek.
Peristiwa polusi lingkungan di polusi. Polusi tidak dapat dihindari. Hal yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kesadaran tentang lingkungan agar polusi dapat berkurang.
Berdasarkan tempat terjadinya. Pencemaran lingkungan dibedakan menjadi polusi udara, udara, dan tanah. Penyebab polusi udara misalnya asap kendaraan dan asap pabrik. Penyebab pencemaran udara misalnya limbah pabrik yang dibuang ke sungai. Pencemaran tanah misalnya sampah yang menumpuk.
Coba bacakan hasil pengamatanmu dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Ayo Mengamati
Model kendaraan bermotor dapat dibuat menjadi kerajinan.
Amati gambar di bawah ini!
Model gambar di atas dapat dibuat dengan menggunakan bahan lunak. Bahan lunak misalnya plastisin.
Amati gambar di bawah ini!
Bagian model lokomotif kereta api berbentuk kubus. Plastisin berbentuk balok. Kubus dan balok merupakan contoh bangun ruang.
Diskusikan dengan temanmu benda-benda di sekitarmu yang berbentuk kubus dan balok!
Bangun ruang mempunyai rusuk, sisi, dan titik sudut. Tahukah kamu rusuk, sisi, dan titik sudut pada kubus dan balok?
Udin, Edo, dan Beni bermain kelereng di halaman rumah. Dayu, Lani, Siti, dan Mey juga bermain lompat tali di sana. Meski berbeda agama, mereka bermain dengan rukun. Sikap mereka pantas untuk ditiru.
Ayo Mengamati
Amatilah gambar di bawah dengan teliti!
Dayu dan teman-teman menunjukkan kebersamaan dalam bermain. Kebersamaan merupakan wujud persatuan. Apa manfaat persatuan ketika bermain? Apa pula hasil yang kamu peroleh jika tidak bersatu ketika bermain?
Manfaat :
1. Bermain terasa menyenangkan
2. Menjaga silaturahmi dan kekompakkan
3. Menjaga kerukunan
4. Permainan terasa lebih mudah
5. Menambah semangat
Akibat Tidak Bersatu dalam Bermain :
1. terjadi gangguan
2. Kalah dalam permainan
3. Hilangnya kekompakkan
4. terjadi benturan
5. Tidak nyaman
Ayo Membaca! Bacalah teks berikut dengan nyaring!
Badan Kesehatan Perlu Dijaga
kesehatan Badan Menjaga itu penting. Hal ini dilakukan agar terhindar dari penyakit. Penyakit akan mudah datang apabila kurang memperhatikan kesehatan badan. Jika badan sakit, semua kegiatan akan terganggu. Nafsu makan pun akan berkurang.
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Kita harus mandi secara teratur. Kita dapat menggunakan sabun mandi agar lebih bersih. Selain itu, kita harus mencuci tangan sebelum makan. Cuci kaki sebelum tidur. Menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. Dengan demikian, badan akan menjadi bersih dan sehat.
Evaluasi
1. Jika bermain dengan teman sebaiknya selalu….
A.Rukun
b. Berkelah
c. Menang sendiri
2. Saling menghina dan mencaci ketika bermain dengan teman bisa ….. persatuan.
A. Membina
b. Merusak
c. Menumbuhkan
3. Rasa persatuan akan membuat pertemanan semakin….
A. Kuat
b. Berat
c. Lucu
4. Selain harus bersih, tempat bermain sebaiknya….
A. Mewah
b. Aman
c. Mahal
5. Kesehatan Menjaga dan kebersihan tubuh bisa dilakukan dengan cara….
A. Bermain di sungai
b. Mandi secara teratur
c. Tidak cuci tangan pakai sabun
6. Bangun di bawah ini yang termasuk bangun ruang adalah ….
A.Kubus
b. persegi
c. Segitiga
7.
Banyaknya sisi pada bangun ruang di atas adalah …..
a. 4 buah
b. 5 buah
c. 6 buah
8.
Banyaknya tulang rusuk pada bangun ruang di atas adalah ….
A.9 buahb
b. 10 buah
c. 12 buah
9.
Banyaknya titik sudut pada bangun ruang di atas adalah ….
A.8 buah
b. 10 buah
c. 12 buah
10. Saat bermain kita tidak boleh……teman yang berbeda agama atau sukunya.
A. Mengajak
b. Akrab
c. Menghina
Kesimpulan
Dari materi pembelajaran yang sudah dipelajari anak sholeh sholehah materi sebelumnya pada pembelajaran yang ke 1 - 3 disimpulkan bahwa peserta didik kelas 2 A berjumlah 21 anak ada 5 peserta didik yang tidak hadir karena sakit dan ijin keperluan keluarga.
Penutup
Sekian untuk materi pembelajaran kali ini, jika masih ada materi yang belum mengerti boleh ditanyakan kembali ke Bu Upik atau pak Hendri dan pertemuan berikutnya kita akan masuk materi pembelajaran ke 1 - 3.
8.
Banyaknya tulang rusuk pada bangun ruang di atas adalah ….
A.9 buahb
b. 10 buah
c. 12 buah
9.
Banyaknya titik sudut pada bangun ruang di atas adalah ….
A.8 buah
b. 10 buah
c. 12 buah
10. Saat bermain kita tidak boleh……teman yang berbeda agama atau sukunya.
A. Mengajak
b. Akrab
c. Menghina
Kesimpulan
Dari materi pembelajaran yang sudah dipelajari anak sholeh sholehah materi sebelumnya pada pembelajaran yang ke 1 - 3 disimpulkan bahwa peserta didik kelas 2 A berjumlah 21 anak ada 5 peserta didik yang tidak hadir karena sakit dan ijin keperluan keluarga.
Penutup
Sekian untuk materi pembelajaran kali ini, jika masih ada materi yang belum mengerti boleh ditanyakan kembali ke Bu Upik atau pak Hendri dan pertemuan berikutnya kita akan masuk materi pembelajaran ke 1 - 3.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar