Tanggal dan waktu: Senin, 21 August 2023
kelas : 2 A
sekolah: SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Tema ( 1 ) : Hidup Rukun
Subtema ( 4 ) : Hidup Rukun Di Lingkungan
pembelajaran : 2
KD : PKN (3.1), B.Indonesia (3.3), PJOK (4.1)
Tujuan pembelajaran :
Peserta didik mampu menunjukkan perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan benar.
Peserta didik mampu menyebutkan manfaat kalimat perintah dalam teks dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
Peserta didik mampu mempraktikan gerak berlari keberbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana.
selamat pagi ananda sholeh sholehah..
Alhamdulillah kemarin kita sudah mempelajari materi tentang Merinci kalimat ajakan, perintah yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun, Menyelesaikan masalah dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999, dan Mengenal pengolahan bahan alam dan bahan buatan dalam berkarya. Pertemuan kali ini kita akan mempelajari materi tentang pengamalan sila ketiga Pancasila yaitu perilaku disekolah, menyebutkan manfaat kalimat perintah dalam bentuk kalimat sederhana, dan mempraktikkan gerak berlari.
Sebelum kita memulai pelajaran marilah semua anak sholeh dan sholehah melaksanakan sholat dhuha lalu muroja'ah surat pendek juz 30 ok nak...
Yuk simak materi pembelajaran berikut:
vidio pembelajaran
Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih..
Berikut ini adalah percakapan antara Edo, Udin, dan Badu. Mari kita simak yukk...
Dalam teks percakapan tersebut ada beberapa manfaat dari gotong royong.
Mari kita simak yukk ....
Manfaat Gotong Royong
Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita menerapkan sikap tersebut ke dalam kehidupan bermasyarakat.
1. Supaya lingkungan disekitar kita bisa terlihat lebih bersih, nyaman, serta indah
2. Bisa terjalin rasa solidaritas di dalam lingkungan masyarakat
3. Agar hidup kita di masyarakat menjadi lebih baik dengan adanya gotong royong
4. Kegiatan atau aktivitas umum jadi lebih cepat selesai tanpa perlu mengeluarkan banyak dana dan kas RT/RW. Apabila berupa pembangunan fisik, tentu dengan adanya gotong royong akan sangat menghemat anggaran. Sebab, biaya yang tadinya untuk tenaga kerja akan berkurang karena kegiatan tersebut dilakukan secara gotong royong.
5. Dengan adanya gotong royong, persaudaraan dan kebersamaan antar warga akan semakin erat. Semua tetangga jadi mengenal tetangga yang lain, pejabat kenal dengan buruh, pedagang kenal dengan supir, yang kaya kenal dengan tetangga yang kurang mampu, dan lainnya.
6. Keamanan lingkungan sekitar rumah menjadi lebih aman, sebab semua warga sudah saling mengenal. Jadi jika nantinya ada orang yang mencurigakan masuk ke wilayah perumahan, maka para warga akan lebih mudah mendeteksi.
7. Kedamaian serta ketentraman hidup bermasyarakat akan lebih terasa, sebab semua warga sudah mengenal satu sama lain.
8. Sikap gotong royong tidak mengenal perbedaan. Sehingga saat akan dilakukan, semuanya terasa sama
Warga bersama-sama bergotong royong membersihkan got. Sampah yang terangkut diletakan di pinggir jalan. Anak-anak ikut membantu memunggut sampah yang tercecer. Warga merasa senang lingkungan kembali bersih.
Perhatikan gambar berikut ini !
Jawaban : Berbuat baik kepada tetangga, tidak memusuhi tetangga. Saling bekerja sama untuk membersihkan lingkungan.
Tuliskan pada tabel berikut!
Jawaban:
Ketuhanan Yang Maha Esa
– Saling menghargai dan menghormati agama masing-masing.
– Tidak mengganggu orang lain saat beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing
Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
– Berbuat baik kepada tetangga, tidak memusuhi tetangga.
– Saling bekerja sama untuk membersihkan lingkungan.
Ayo Berlatih...
Lingkungan rumah Udin sudah bersih kembali. Anak-anak pun dapat bermain dengan nyaman. Lakukan gerakan-gerakan di bawah ini dengan percaya diri! Lakukan gerakan itu di bawah bimbingan gurumu!
Lakukan gerakan-gerakan di bawah ini dengan percaya diri .Setelah melakukan gerakan-gerakan di atas, mari melakukan permainan berikut.
>>> Halaman 155
Yukk sama- sama kita mengerjakan bersama kelompokmu..
Siswa berdiskusi teman kelompoknya mengenai kegiatan gotong royong di sekitar rumah. Ibu guru membuka cerita dengan mengemukakan pentingnya hidup bermasyarakat.
1. Bunyi sila yang sesuai pada gambar dibawah ini!
a. ketuhanan yang maha esa
b. kemanusian yang adil dan deradab
c. Persatuan Indonesia
d. Kerakyatan yang di pimpim oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan.
2. Bunyi sila ketiga Pancasila adalah…
a. Persatuan Indonesia
b. Persatuan negara Indonesia
c. Persatuan Rakyat Indonesia
d. persatuan negara Indoensia
3. Perilaku yang mencerminkan dari sila ketiga di sekolah kecuali…
a Mengutamakan kepentingan sekolah.
b. Mengikuti upacara dengan tertib.
c. Menjaga kebersihan kelas dan lingkungan serta tidak mencoret-coret dinding dan sarana lainnya.
d. Saling tukar kesenian daerah.
4. Kalimat yang isinya menyuruh untuk melakukan sesuatu adalah..
a. Kalimat perintah
b. kalimat tanya
c. kalimat mengajak
d. a dan b benar
5. Lengkapilah kalimat .................. sampah pada tempatnya! menjadi kalimat perintah!
a. Bersihkan
b. Buanglah
c. Bersihkanlah
d. Ayo, buang
6. Perhatikan gambar dibawah ini!
Perilaku yang tercemin pada gambar di atas merupakan pengamalan sila ke…
a. Keempat
b. ketiga
c. Pertama
d. kedua
7. Bacalah percakapan dibawah ini !
Udin : “Coba, lihat! Got menjadi bau dan kotor karena banyak sampah.”
Edo : “Wah, iya, airnya juga tergenang.”
Udin : “Bagaimana jika hari Minggu kita bergotong royong membersihkan got?”
Badu : “Membersihkan got? Aku tidak mau, ah. Got kan kotor dan bau.
Dari percakapan diatas manakah yang menunjukkan kalimat penolakan?
a. “Wah, iya, airnya juga tergenang.”
b. “Membersihkan got? Aku tidak mau, ah. Got kan kotor dan bau.
c. “Bagaimana jika hari Minggu kita bergotong royong membersihkan got?”
d. “Coba, lihat! Got menjadi bau dan kotor karena banyak sampah.”
8. Contoh kalimat penolakan yang tepat adalah…
a. Maaf aku tidak mau, Badu. Kita harus menjaga kebersihan lingkungan.
b. Saya tidak bisa ikut bekerja bakti.
c. “Coba, lihat! Got menjadi bau
d. “Wah, iya, airnya juga tergenang.”
Selamat mengerjakan anak sholeh dan sholehah ibu..
Besok kita masuk materi pembelajaran 3 tentang penjumlahan dan merinci kalimat ajakan, perintah
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun sunnah serta muroja'ah nya
dan selalu menjaga kesehatan
kelas : 2 A
sekolah: SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Tema ( 1 ) : Hidup Rukun
Subtema ( 4 ) : Hidup Rukun Di Lingkungan
pembelajaran : 2
KD : PKN (3.1), B.Indonesia (3.3), PJOK (4.1)
Tujuan pembelajaran :
Peserta didik mampu menunjukkan perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan benar.
Peserta didik mampu menyebutkan manfaat kalimat perintah dalam teks dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
Peserta didik mampu mempraktikan gerak berlari keberbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
selamat pagi ananda sholeh sholehah..
Alhamdulillah kemarin kita sudah mempelajari materi tentang Merinci kalimat ajakan, perintah yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun, Menyelesaikan masalah dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999, dan Mengenal pengolahan bahan alam dan bahan buatan dalam berkarya. Pertemuan kali ini kita akan mempelajari materi tentang pengamalan sila ketiga Pancasila yaitu perilaku disekolah, menyebutkan manfaat kalimat perintah dalam bentuk kalimat sederhana, dan mempraktikkan gerak berlari.
Sebelum kita memulai pelajaran marilah semua anak sholeh dan sholehah melaksanakan sholat dhuha lalu muroja'ah surat pendek juz 30 ok nak...
Yuk simak materi pembelajaran berikut:
vidio pembelajaran
ringakasan
Berikut ini adalah percakapan antara Edo, Udin, dan Badu. Mari kita simak yukk...
Dalam teks percakapan tersebut ada beberapa manfaat dari gotong royong.
Mari kita simak yukk ....
Manfaat Gotong Royong
Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita menerapkan sikap tersebut ke dalam kehidupan bermasyarakat.
1. Supaya lingkungan disekitar kita bisa terlihat lebih bersih, nyaman, serta indah
2. Bisa terjalin rasa solidaritas di dalam lingkungan masyarakat
3. Agar hidup kita di masyarakat menjadi lebih baik dengan adanya gotong royong
4. Kegiatan atau aktivitas umum jadi lebih cepat selesai tanpa perlu mengeluarkan banyak dana dan kas RT/RW. Apabila berupa pembangunan fisik, tentu dengan adanya gotong royong akan sangat menghemat anggaran. Sebab, biaya yang tadinya untuk tenaga kerja akan berkurang karena kegiatan tersebut dilakukan secara gotong royong.
5. Dengan adanya gotong royong, persaudaraan dan kebersamaan antar warga akan semakin erat. Semua tetangga jadi mengenal tetangga yang lain, pejabat kenal dengan buruh, pedagang kenal dengan supir, yang kaya kenal dengan tetangga yang kurang mampu, dan lainnya.
6. Keamanan lingkungan sekitar rumah menjadi lebih aman, sebab semua warga sudah saling mengenal. Jadi jika nantinya ada orang yang mencurigakan masuk ke wilayah perumahan, maka para warga akan lebih mudah mendeteksi.
7. Kedamaian serta ketentraman hidup bermasyarakat akan lebih terasa, sebab semua warga sudah mengenal satu sama lain.
8. Sikap gotong royong tidak mengenal perbedaan. Sehingga saat akan dilakukan, semuanya terasa sama
Warga bersama-sama bergotong royong membersihkan got. Sampah yang terangkut diletakan di pinggir jalan. Anak-anak ikut membantu memunggut sampah yang tercecer. Warga merasa senang lingkungan kembali bersih.
Perhatikan gambar berikut ini !
Jawaban : Berbuat baik kepada tetangga, tidak memusuhi tetangga. Saling bekerja sama untuk membersihkan lingkungan.
Tuliskan pada tabel berikut!
Jawaban:
Ketuhanan Yang Maha Esa
– Saling menghargai dan menghormati agama masing-masing.
– Tidak mengganggu orang lain saat beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing
Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
– Berbuat baik kepada tetangga, tidak memusuhi tetangga.
– Saling bekerja sama untuk membersihkan lingkungan.
Ayo Berlatih...
Lingkungan rumah Udin sudah bersih kembali. Anak-anak pun dapat bermain dengan nyaman. Lakukan gerakan-gerakan di bawah ini dengan percaya diri! Lakukan gerakan itu di bawah bimbingan gurumu!
Lakukan gerakan-gerakan di bawah ini dengan percaya diri .Setelah melakukan gerakan-gerakan di atas, mari melakukan permainan berikut.
>>> Halaman 155
Yukk sama- sama kita mengerjakan bersama kelompokmu..
Siswa berdiskusi teman kelompoknya mengenai kegiatan gotong royong di sekitar rumah. Ibu guru membuka cerita dengan mengemukakan pentingnya hidup bermasyarakat.
Evaluasi
1. Bunyi sila yang sesuai pada gambar dibawah ini!
b. kemanusian yang adil dan deradab
c. Persatuan Indonesia
d. Kerakyatan yang di pimpim oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan.
2. Bunyi sila ketiga Pancasila adalah…
a. Persatuan Indonesia
b. Persatuan negara Indonesia
c. Persatuan Rakyat Indonesia
d. persatuan negara Indoensia
3. Perilaku yang mencerminkan dari sila ketiga di sekolah kecuali…
a Mengutamakan kepentingan sekolah.
b. Mengikuti upacara dengan tertib.
c. Menjaga kebersihan kelas dan lingkungan serta tidak mencoret-coret dinding dan sarana lainnya.
d. Saling tukar kesenian daerah.
4. Kalimat yang isinya menyuruh untuk melakukan sesuatu adalah..
a. Kalimat perintah
b. kalimat tanya
c. kalimat mengajak
d. a dan b benar
5. Lengkapilah kalimat .................. sampah pada tempatnya! menjadi kalimat perintah!
a. Bersihkan
b. Buanglah
c. Bersihkanlah
d. Ayo, buang
6. Perhatikan gambar dibawah ini!
Perilaku yang tercemin pada gambar di atas merupakan pengamalan sila ke…
a. Keempat
b. ketiga
c. Pertama
d. kedua
7. Bacalah percakapan dibawah ini !
Udin : “Coba, lihat! Got menjadi bau dan kotor karena banyak sampah.”
Edo : “Wah, iya, airnya juga tergenang.”
Udin : “Bagaimana jika hari Minggu kita bergotong royong membersihkan got?”
Badu : “Membersihkan got? Aku tidak mau, ah. Got kan kotor dan bau.
Dari percakapan diatas manakah yang menunjukkan kalimat penolakan?
a. “Wah, iya, airnya juga tergenang.”
b. “Membersihkan got? Aku tidak mau, ah. Got kan kotor dan bau.
c. “Bagaimana jika hari Minggu kita bergotong royong membersihkan got?”
d. “Coba, lihat! Got menjadi bau dan kotor karena banyak sampah.”
8. Contoh kalimat penolakan yang tepat adalah…
a. Maaf aku tidak mau, Badu. Kita harus menjaga kebersihan lingkungan.
b. Saya tidak bisa ikut bekerja bakti.
c. “Coba, lihat! Got menjadi bau
d. “Wah, iya, airnya juga tergenang.”
kesimpulan
Besok kita masuk materi pembelajaran 3 tentang penjumlahan dan merinci kalimat ajakan, perintah
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun sunnah serta muroja'ah nya
dan selalu menjaga kesehatan
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar